PENGGUNAAN RANGKUMAN DAN TUGAS MODUL KEMENDIKBUD DALAM PJJ1 KELAS VIII
KELAS VIII IPS GURU R SANI
Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.
MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA SISWI DALAM PEMBELAJARAN ASINKRON
Modul 1
WAJAH NEGARA-NEGARA ASEAN
Rangkuman
Perhimpunann Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) didirikan pada tahun 1967
dan terdiri dari 10 negara anggota. Berikut gambaran tentang kondisi ASEAN
Nama Negara Letak Geografis Letak Astronomis Iklim Luas Batas
Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan
Vietnamdiapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah
Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia
dan benua Australia.28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.Di dominasi iklim tropisLuas wilayah laut
sekitar 5.060.100 km². Sedangkan luas wilayah daratannya ± 4.817.000 km².Sebelah utara berbatasan
negara Cina dan Laut Cina Timur. Sebelah timur berbatasan negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
Sebelah selatan berbatasan Benua Australia dan Samudra Hindia. Sebelah barat berbatasan Samudra
Hindia, Teluk Bengala, dan Laut Andaman, India, dan Bangladesh.
ASEAN memilki tujuan yang tidak saja untuk menjaga stabilitas kawasan tetapi
lebih dari itu juga dalam bidang integrasi ekonomi serta dalam memperbaiki daya
saing regional. Sedangkan secara geografis sangat strategis, karena dilewati oleh
jalur perdagangan Internasional. Lokasi geografis di sekitar garis ekuator atau garis
khatulistiwa ini menyebabkan Asia Tenggara terletak di daerah tropis.
Latihan
Kerjakan latihan berikut ini!
1. Sebutkan negara negara yang termasuk anggota ASEAN!
2. Jelaskan letak geografis ASEAN!
3. Jelaskan dampak positif dan negatif dari letak geografis ASEAN!
4. Jelaskan pengaruh letak astonomis bagi anggota ASEAN !
5. Analisa pengaruh kondisi iklim terhadap negara ASEAN!
Refleksi
Berikut ini beberapa pedoman atau petunjuk , apakah Ananda sudah
melakukan aktivitas pembelajaran dengan cukup baik atau belum?. Bagaimana
sikap kalian dalam sebagai generasi penerus bangsa dalam menyikapi hubungan
Indonesia dengan negara-negara di Asia tenggara agar bisa terjalin harmonis?. Nilai
nilai karakter apa yang bisa ananda peroleh dengan mempelajari materi ini? Dalam
modul ini terdapat beberapa aktivitas yang harus dikerjakan. Dalam mengerjakan
aktivitas sebaiknya Ananda juga harus menyesuaikan dengan uraian materi dari
berbagai sumber yang ada termasuk dengan mencari di internet.
Bagian Latihan/tugas merupakan bagian dari pembelajaran menggunakan
modul ini. Silakan periksa hasil pengerjaan latihan/tugas dengan kunci jawaban
yang ada di bagian belakang modul ini.
Jika Ananda dapat memahami sebagian besar materi, melaksanakan
aktivitas sesuai arahan guru dan dapat menjawab latihan/tugas, maka Ananda
dapat dianggap menguasai kompetensi yang diharapkan. Namun jika tidak atau
Ananda merasa masih belum optimal, silakan dipelajari kembali dan berdiskusi
dengan teman untuk memantapkan pemahaman dan memperoleh kompetensi yang
diharapkan. Setelah Anda telah dapat menguasai kompetensi pada kegiatan
pembelajaran ini, maka silakan berlanjut pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Komentar
Posting Komentar