PENGGUNAAN MODUL1 AKTIVITAS 3 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 1 KELAS VIII

 






 KELAS VIII IPS GURU R SANI

Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.


MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA SISWI DALAM PEMBELAJARAN ASINKRON

Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan
Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Dilindungi Undang-Undang
Pengarah:
Drs. Mulyatsyah, MM
(Direktur Sekolah Menengah Pertama)
Penanggung jawab:
Dra. Ninik Purwaning Setyorini, MA
(Koordinator Bidang Penilaian)


Modul 1
WAJAH NEGARA-NEGARA ASEAN

Penulis:
Tri Worosetyaningsih, M.Pd. (SMPN 2 Pakem, Sleman, DI Yogyakarta)
Penelaah:
Dr. Supardi, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta)


 A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajara modul ini, diharapkan ananda dapat

1. Menentukan letak geografis Asia Tenggara 

2. Menentukan letak atronomis Asia Tenggara 

3. Menganalisis iklim setiap negara anggota ASEAN 

4. Terampil menggambar sketsa peta negara anggota ASEAN 


B. Peran Guru dan Orang Tua 

1. Peran Guru

a. Bekerjasama dengan orang tua siswa dalam pembelajaran di rumah

b. Memberikan tugas-tugas sesuai dengan kemampuan siswa

c. Memberikan penilaian dan umpan balik untuk tugas tugas yang diberikan kepada siswa


2. Peran Orang Tua

a. Mengingatkan anak untuk mempelajari modul

b. Membimbing anak untuk mempelajari modul

c. Membantu dan mendampingi anak dalam mengerjakan tugas tugas yang diberikan guru

d. Mengontrol anak dalam belajar

e. Mengingatkan anak untuk mengerjakan tugas tugas sesuai dengan petunjuk guru


C. Aktivitas Pembelajaran

Apakah Ananda tahu bahwa Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain? 

Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain baik berbatasan langsung maupun 

tidak langsung. Negara – negara tersebut terletak di kawasan Asia Tenggara yang 

tergabung dalam organisasi yang dinamakan

Pembelajaran 1

ASEAN (Association of South East Asian Nations). ASEAN berdiri pada 8 

Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN diprakarsai lima negara, yaitu 

Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Saat ini, ASEAN 

beranggotakan 10 negara. Total keseluruhan luas wilayah ASEAN adalah 

4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan 

perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN.

Selayaknya negara satu kawasan, negara-negara Asia Tenggara tidak lepas dari

adanya kerja sama antar negera-negaranya. Agar lebih jelas perhatikan peta berikut

Sumber : 

https://sites.google.com/site/squeezparty


Gambar 1.1 Negara-negara ASEAN

Membaca Teks

Mengerjakan Tugas

1. Perhatikan Gambar Peta ASEAN

Sumber : 

https://www.google.com/search?q=peta+asean


Gambar 1.2. Peta negara-negara ASEAN

Amati peta di atas, lakukan identifikasi batas-batas masing masing negara 

anggota ASEAN. Agar ananda lebih jelas, carilah sumber belajar di internet 

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/09/110909269/letak-geografis￾dan-batas-wilayah-asea.

 Agar ananda lebih jelas, kerjakan tugas di bawah ini

Aktivitas 3 
Menganalisis iklim Negara ASEAN

Iklim di wilayah Asia Tenggara merupakan iklim tropis. Asia Tenggara 

membentang di daerah ekuator sehingga memiliki angin musin yang datang dari 

gurun-gurun di Australia dan daratan Asia. Angin musim merupakan gerakan 

massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan udara antara dua wilayah.

Angin ini menyebabkan Asia Tenggara memiliki dua musim, yaitu musim 

kemarau dan penghujan.

Lakukan Analisis bagaimana pengaruh iklim tersebut tersebut terhadap negara negara anggota ASEAN. Pengaruh tersebut bisa dari aspek ekonomi, sosial, 

budaya dan IPTEK.

2. Untuk lebih jelasnya lerjakan tugas berikut ini dengan mengisi pada kolom yang 

tersedia.

Negara       Iklim       Pengaruhnya terhadap negara bersangkutan



Komentar

Postingan Populer