PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 1 KELAS VIII






 KELAS VIII IPS GURU R SANI

Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.


MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA SISWI DALAM PEMBELAJARAN ASINKRON

Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan
Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Dilindungi Undang-Undang
Pengarah:
Drs. Mulyatsyah, MM
(Direktur Sekolah Menengah Pertama)
Penanggung jawab:
Dra. Ninik Purwaning Setyorini, MA
(Koordinator Bidang Penilaian)


Modul 1
WAJAH NEGARA-NEGARA ASEAN

Penulis:
Tri Worosetyaningsih, M.Pd. (SMPN 2 Pakem, Sleman, DI Yogyakarta)
Penelaah:
Dr. Supardi, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta)


 A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajara modul ini, diharapkan ananda dapat

1. Menentukan letak geografis Asia Tenggara 

2. Menentukan letak atronomis Asia Tenggara 

3. Menganalisis iklim setiap negara anggota ASEAN 

4. Terampil menggambar sketsa peta negara anggota ASEAN 


B. Peran Guru dan Orang Tua 

1. Peran Guru

a. Bekerjasama dengan orang tua siswa dalam pembelajaran di rumah

b. Memberikan tugas-tugas sesuai dengan kemampuan siswa

c. Memberikan penilaian dan umpan balik untuk tugas tugas yang diberikan kepada siswa


2. Peran Orang Tua

a. Mengingatkan anak untuk mempelajari modul

b. Membimbing anak untuk mempelajari modul

c. Membantu dan mendampingi anak dalam mengerjakan tugas tugas yang diberikan guru

d. Mengontrol anak dalam belajar

e. Mengingatkan anak untuk mengerjakan tugas tugas sesuai dengan petunjuk guru


C. Aktivitas Pembelajaran

Apakah Ananda tahu bahwa Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain? 

Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain baik berbatasan langsung maupun 

tidak langsung. Negara – negara tersebut terletak di kawasan Asia Tenggara yang 

tergabung dalam organisasi yang dinamakan

Pembelajaran 1

ASEAN (Association of South East Asian Nations). ASEAN berdiri pada 8 

Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN diprakarsai lima negara, yaitu 

Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Saat ini, ASEAN 

beranggotakan 10 negara. Total keseluruhan luas wilayah ASEAN adalah 

4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan 

perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN.

Selayaknya negara satu kawasan, negara-negara Asia Tenggara tidak lepas dari

adanya kerja sama antar negera-negaranya. Agar lebih jelas perhatikan peta berikut

Sumber : 

https://sites.google.com/site/squeezparty


Gambar 1.1 Negara-negara ASEAN

Membaca Teks

Mengerjakan Tugas

1. Perhatikan Gambar Peta ASEAN

Sumber : 

https://www.google.com/search?q=peta+asean


Gambar 1.2. Peta negara-negara ASEAN

Amati peta di atas, lakukan identifikasi batas-batas masing masing negara 

anggota ASEAN. Agar ananda lebih jelas, carilah sumber belajar di internet 

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/09/110909269/letak-geografis￾dan-batas-wilayah-asea.

 Agar ananda lebih jelas, kerjakan tugas di bawah ini

Aktivitas 1 
Menentukan Letak Geografis Negara-Negara ASEAN

Secara geografis letak ASEAN diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 

2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera 

Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia dan benua 

Australia. Hal ini membuat posisi geografis ASEAN sangat strategis karena melewati 

jalur perdagangan internasional. Indonesia menjadi negara ASEAN yang paling 

strategis. ASEAN berbatasan dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya, baik 

di sebelah utara, timur, selatan, dan barat. Batas wilayah ASEAN juga meliputi 

batas daratan atau batas lautan.

Nama Negara

Batas Negara

Luas

Barat Selatan Timur Utara

2. Karena letak geografis ASEAN tersebut, memiliki dampak positif dan negatif 

yang sangat berpengaruh bagi negara negara anggotanya. 

Perhatikan Peta berikut

 Sumber 

https://www.google.com/search?q=peta+asean

Setelah Ananda memperhatikan peta letak Geografis ASEAN ,lakukan analisa apa 

dampak positif dan negatif dari letak tersebut yang sangat berpengaruh bagi negara 

negara anggotanya. Untuk lebih jelasnya kerjakan tugas berikut

Dampak Positif Dampak Negatif

Membaca Teks

Aktivitas 2 
Menentukan Letak Astronomis ASEAN

Letak astronomis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang 

dan garis bujur. Secara astronomis terletak 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.

Keseluruhan wilayah ASEAN berada di wilayah bumi bagian timur, namun secara 

vertikal ASEAN berada di wilayah bumi bagian utara dan bagian selatan, sehingga

wilayahnya membentang dari lintang utara (LU) sampai lintang selatan (LS). Dari 10 

negara ASEAN, 9 negara di antaranya terletak di bagian utara. Hanya Indonesia yang 

wilayahnya terletak di bagian utara dan bagian selatan.


Mengerjakan Tugas

1. Perhatikan peta Asean berikut ini!

 Sumber: https://www.google.com/search?q=peta+letak+astronomis+asean

Setelah ananda mengamati peta ASEAN di atas, lakukan identitifikasi letak 

bujur dan letak lintang untuk masing-masing negara anggota ASEAN. 


2. Agar lebih jelas baca buku paket BSE halaman 5 – 49 


3. Lebih lanjut kerjakan tugas berikut ini

Negara Letak Bujur Letak Lintang

Negara Letak Bujur Letak Lintang

Membaca Teks

Mengerjakan Tugas

1. Amati Peta kondisi iklim Asia Tenggara

 Sumber http://setnas-asean.id/news/read/kondisi-iklim-di-kawasan-asia-tenggara


Aktivitas 3 
Menganalisis iklim Negara ASEAN

Iklim di wilayah Asia Tenggara merupakan iklim tropis. Asia Tenggara 

membentang di daerah ekuator sehingga memiliki angin musin yang datang dari 

gurun-gurun di Australia dan daratan Asia. Angin musim merupakan gerakan 

massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan udara antara dua wilayah.

Angin ini menyebabkan Asia Tenggara memiliki dua musim, yaitu musim 

kemarau dan penghujan.

Lakukan Analisis bagaimana pengaruh iklim tersebut tersebut terhadap negara negara anggota ASEAN. Pengaruh tersebut bisa dari aspek ekonomi, sosial, 

budaya dan IPTEK.

2. Untuk lebih jelasnya lerjakan tugas berikut ini dengan mengisi pada kolom yang 

tersedia.

Negara       Iklim       Pengaruhnya terhadap negara bersangkutan


D. Latihan

Kerjakan latihan berikut ini!

1. Sebutkan negara negara yang termasuk anggota ASEAN!

2. Jelaskan letak geografis ASEAN!

3. Jelaskan dampak positif dan negatif dari letak geografis ASEAN!

4. Jelaskan pengaruh letak astonomis bagi anggota ASEAN !

5. Analisa pengaruh kondisi iklim terhadap negara ASEAN!


E. Rangkuman

Perhimpunann Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) didirikan pada tahun 1967 

dan terdiri dari 10 negara anggota. Berikut gambaran tentang kondisi ASEAN

Nama Negara Letak Geografis Letak Astronomis Iklim Luas Batas

Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan

 Vietnamdiapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah 

Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia 

dan benua Australia.28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.Di dominasi iklim tropisLuas wilayah laut 

sekitar 5.060.100 km². Sedangkan luas wilayah daratannya ± 4.817.000 km².Sebelah utara berbatasan 

negara Cina dan Laut Cina Timur. Sebelah timur berbatasan negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik. 

Sebelah selatan berbatasan Benua Australia dan Samudra Hindia. Sebelah barat berbatasan Samudra 

Hindia, Teluk Bengala, dan Laut Andaman, India, dan Bangladesh.

ASEAN memilki tujuan yang tidak saja untuk menjaga stabilitas kawasan tetapi 

lebih dari itu juga dalam bidang integrasi ekonomi serta dalam memperbaiki daya 

saing regional. Sedangkan secara geografis sangat strategis, karena dilewati oleh 

jalur perdagangan Internasional. Lokasi geografis di sekitar garis ekuator atau garis 

khatulistiwa ini menyebabkan Asia Tenggara terletak di daerah tropis.


F. Refleksi 

Berikut ini beberapa pedoman atau petunjuk , apakah Ananda sudah 

melakukan aktivitas pembelajaran dengan cukup baik atau belum?. Bagaimana 

sikap kalian dalam sebagai generasi penerus bangsa dalam menyikapi hubungan 

Indonesia dengan negara-negara di Asia tenggara agar bisa terjalin harmonis?. Nilai 

nilai karakter apa yang bisa ananda peroleh dengan mempelajari materi ini? Dalam 

modul ini terdapat beberapa aktivitas yang harus dikerjakan. Dalam mengerjakan 

aktivitas sebaiknya Ananda juga harus menyesuaikan dengan uraian materi dari 

berbagai sumber yang ada termasuk dengan mencari di internet.

Bagian Latihan/tugas merupakan bagian dari pembelajaran menggunakan 

modul ini. Silakan periksa hasil pengerjaan latihan/tugas dengan kunci jawaban 

yang ada di bagian belakang modul ini.

Jika Ananda dapat memahami sebagian besar materi, melaksanakan 

aktivitas sesuai arahan guru dan dapat menjawab latihan/tugas, maka Ananda 

dapat dianggap menguasai kompetensi yang diharapkan. Namun jika tidak atau 

Ananda merasa masih belum optimal, silakan dipelajari kembali dan berdiskusi 

dengan teman untuk memantapkan pemahaman dan memperoleh kompetensi yang 

diharapkan. Setelah Anda telah dapat menguasai kompetensi pada kegiatan 

pembelajaran ini, maka silakan berlanjut pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Komentar

Postingan Populer