PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 1 KELAS VIII
KELAS VIII IPS GURU R SANI
Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.
MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA SISWI DALAM PEMBELAJARAN ASINKRON
Modul 1
WAJAH NEGARA-NEGARA ASEAN
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajara modul ini, diharapkan ananda dapat
1. Menentukan letak geografis Asia Tenggara
2. Menentukan letak atronomis Asia Tenggara
3. Menganalisis iklim setiap negara anggota ASEAN
4. Terampil menggambar sketsa peta negara anggota ASEAN
B. Peran Guru dan Orang Tua
1. Peran Guru
a. Bekerjasama dengan orang tua siswa dalam pembelajaran di rumah
b. Memberikan tugas-tugas sesuai dengan kemampuan siswa
c. Memberikan penilaian dan umpan balik untuk tugas tugas yang diberikan kepada siswa
2. Peran Orang Tua
a. Mengingatkan anak untuk mempelajari modul
b. Membimbing anak untuk mempelajari modul
c. Membantu dan mendampingi anak dalam mengerjakan tugas tugas yang diberikan guru
d. Mengontrol anak dalam belajar
e. Mengingatkan anak untuk mengerjakan tugas tugas sesuai dengan petunjuk guru
C. Aktivitas Pembelajaran
Apakah Ananda tahu bahwa Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain?
Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain baik berbatasan langsung maupun
tidak langsung. Negara – negara tersebut terletak di kawasan Asia Tenggara yang
tergabung dalam organisasi yang dinamakan
Pembelajaran 1
ASEAN (Association of South East Asian Nations). ASEAN berdiri pada 8
Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN diprakarsai lima negara, yaitu
Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Saat ini, ASEAN
beranggotakan 10 negara. Total keseluruhan luas wilayah ASEAN adalah
4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan
perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN.
Selayaknya negara satu kawasan, negara-negara Asia Tenggara tidak lepas dari
adanya kerja sama antar negera-negaranya. Agar lebih jelas perhatikan peta berikut
Sumber :
https://sites.google.com/site/squeezparty
Gambar 1.1 Negara-negara ASEAN
Membaca Teks
Mengerjakan Tugas
1. Perhatikan Gambar Peta ASEAN
Sumber :
https://www.google.com/search?q=peta+asean
Gambar 1.2. Peta negara-negara ASEAN
Amati peta di atas, lakukan identifikasi batas-batas masing masing negara
anggota ASEAN. Agar ananda lebih jelas, carilah sumber belajar di internet
https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/09/110909269/letak-geografisdan-batas-wilayah-asea.
Agar ananda lebih jelas, kerjakan tugas di bawah ini
Aktivitas 1 Menentukan Letak Geografis Negara-Negara ASEAN
Secara geografis letak ASEAN diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun
2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera
Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia dan benua
Australia. Hal ini membuat posisi geografis ASEAN sangat strategis karena melewati
jalur perdagangan internasional. Indonesia menjadi negara ASEAN yang paling
strategis. ASEAN berbatasan dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya, baik
di sebelah utara, timur, selatan, dan barat. Batas wilayah ASEAN juga meliputi
batas daratan atau batas lautan.
Nama Negara
Batas Negara
Luas
Barat Selatan Timur Utara
2. Karena letak geografis ASEAN tersebut, memiliki dampak positif dan negatif
yang sangat berpengaruh bagi negara negara anggotanya.
Perhatikan Peta berikut
Sumber
https://www.google.com/search?q=peta+asean
Setelah Ananda memperhatikan peta letak Geografis ASEAN ,lakukan analisa apa
dampak positif dan negatif dari letak tersebut yang sangat berpengaruh bagi negara
negara anggotanya. Untuk lebih jelasnya kerjakan tugas berikut
Dampak Positif Dampak Negatif
Membaca Teks
Aktivitas 2 Menentukan Letak Astronomis ASEAN
Letak astronomis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang
dan garis bujur. Secara astronomis terletak 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.
Keseluruhan wilayah ASEAN berada di wilayah bumi bagian timur, namun secara
vertikal ASEAN berada di wilayah bumi bagian utara dan bagian selatan, sehingga
wilayahnya membentang dari lintang utara (LU) sampai lintang selatan (LS). Dari 10
negara ASEAN, 9 negara di antaranya terletak di bagian utara. Hanya Indonesia yang
wilayahnya terletak di bagian utara dan bagian selatan.
Mengerjakan Tugas
1. Perhatikan peta Asean berikut ini!
Sumber: https://www.google.com/search?q=peta+letak+astronomis+asean
Setelah ananda mengamati peta ASEAN di atas, lakukan identitifikasi letak
bujur dan letak lintang untuk masing-masing negara anggota ASEAN.
2. Agar lebih jelas baca buku paket BSE halaman 5 – 49
3. Lebih lanjut kerjakan tugas berikut ini
Negara Letak Bujur Letak Lintang
Negara Letak Bujur Letak Lintang
Membaca Teks
Mengerjakan Tugas
1. Amati Peta kondisi iklim Asia Tenggara
Sumber http://setnas-asean.id/news/read/kondisi-iklim-di-kawasan-asia-tenggara
Aktivitas 3 Menganalisis iklim Negara ASEAN
Iklim di wilayah Asia Tenggara merupakan iklim tropis. Asia Tenggara
membentang di daerah ekuator sehingga memiliki angin musin yang datang dari
gurun-gurun di Australia dan daratan Asia. Angin musim merupakan gerakan
massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan udara antara dua wilayah.
Angin ini menyebabkan Asia Tenggara memiliki dua musim, yaitu musim
kemarau dan penghujan.
Lakukan Analisis bagaimana pengaruh iklim tersebut tersebut terhadap negara negara anggota ASEAN. Pengaruh tersebut bisa dari aspek ekonomi, sosial,
budaya dan IPTEK.
2. Untuk lebih jelasnya lerjakan tugas berikut ini dengan mengisi pada kolom yang
tersedia.
Negara Iklim Pengaruhnya terhadap negara bersangkutan
D. Latihan
Kerjakan latihan berikut ini!
1. Sebutkan negara negara yang termasuk anggota ASEAN!
2. Jelaskan letak geografis ASEAN!
3. Jelaskan dampak positif dan negatif dari letak geografis ASEAN!
4. Jelaskan pengaruh letak astonomis bagi anggota ASEAN !
5. Analisa pengaruh kondisi iklim terhadap negara ASEAN!
E. Rangkuman
Perhimpunann Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) didirikan pada tahun 1967
dan terdiri dari 10 negara anggota. Berikut gambaran tentang kondisi ASEAN
Nama Negara Letak Geografis Letak Astronomis Iklim Luas Batas
Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan
Vietnamdiapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah
Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia
dan benua Australia.28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.Di dominasi iklim tropisLuas wilayah laut
sekitar 5.060.100 km². Sedangkan luas wilayah daratannya ± 4.817.000 km².Sebelah utara berbatasan
negara Cina dan Laut Cina Timur. Sebelah timur berbatasan negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
Sebelah selatan berbatasan Benua Australia dan Samudra Hindia. Sebelah barat berbatasan Samudra
Hindia, Teluk Bengala, dan Laut Andaman, India, dan Bangladesh.
ASEAN memilki tujuan yang tidak saja untuk menjaga stabilitas kawasan tetapi
lebih dari itu juga dalam bidang integrasi ekonomi serta dalam memperbaiki daya
saing regional. Sedangkan secara geografis sangat strategis, karena dilewati oleh
jalur perdagangan Internasional. Lokasi geografis di sekitar garis ekuator atau garis
khatulistiwa ini menyebabkan Asia Tenggara terletak di daerah tropis.
F. Refleksi
Berikut ini beberapa pedoman atau petunjuk , apakah Ananda sudah
melakukan aktivitas pembelajaran dengan cukup baik atau belum?. Bagaimana
sikap kalian dalam sebagai generasi penerus bangsa dalam menyikapi hubungan
Indonesia dengan negara-negara di Asia tenggara agar bisa terjalin harmonis?. Nilai
nilai karakter apa yang bisa ananda peroleh dengan mempelajari materi ini? Dalam
modul ini terdapat beberapa aktivitas yang harus dikerjakan. Dalam mengerjakan
aktivitas sebaiknya Ananda juga harus menyesuaikan dengan uraian materi dari
berbagai sumber yang ada termasuk dengan mencari di internet.
Bagian Latihan/tugas merupakan bagian dari pembelajaran menggunakan
modul ini. Silakan periksa hasil pengerjaan latihan/tugas dengan kunci jawaban
yang ada di bagian belakang modul ini.
Jika Ananda dapat memahami sebagian besar materi, melaksanakan
aktivitas sesuai arahan guru dan dapat menjawab latihan/tugas, maka Ananda
dapat dianggap menguasai kompetensi yang diharapkan. Namun jika tidak atau
Ananda merasa masih belum optimal, silakan dipelajari kembali dan berdiskusi
dengan teman untuk memantapkan pemahaman dan memperoleh kompetensi yang
diharapkan. Setelah Anda telah dapat menguasai kompetensi pada kegiatan
pembelajaran ini, maka silakan berlanjut pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Komentar
Posting Komentar