PENGGUNAAN MODUL 1 AKTIVITAS 1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 1 KELAS VIII





 KELAS VIII IPS GURU R SANI

Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.


MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA SISWI DALAM PEMBELAJARAN ASINKRON



Penulis: Tri Worosetyaningsih, M.Pd. (SMPN 2 Pakem, Sleman, DI Yogyakarta)
Penelaah: Dr. Supardi, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta)

MODUL 1

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Indonesia adalah 1 dari 11 negara di Asia Tenggara. Berdasarkan informasi dari Badan Informasi Geospasial, luas wilayah Indonesia untuk daratan ialah 1.922.570 km2 dan perairan 3.257.483 km2. Indonesia merupakan negara terluas ke-13 di dunia dan pada urutan ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hal ini sangat menguntungkan bagi Indonesia, karena tidak hanya Indonesia kaya akan sumber daya alam (SDA), Indonesia juga kaya akan sumber daya manusia (SDM). Indonesia sebagai negara dengan karakteristiknya tidak mungkin berdiri sendiri tanpa tanpa berkerjasama dengan negara lain. Karena kedekatan wilayah yang berada pada wilayah Asia Tenggara dan juga dikarenakan persamaan nasib pada masa lampau, maka Indonesia tergabung dalam perkumpulan negara-negara di Asia Tenggara, bahkan Indonesia termasuk negara yang memprakarsai organisasi tersebut berdiri.


MODUL I
WAJAH NEGARA-NEGARA ASEAN


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajara modul ini, diharapkan ananda dapat

1. Menentukan letak geografis Asia Tenggara 

2. Menentukan letak atronomis Asia Tenggara 

3. Menganalisis iklim setiap negara anggota ASEAN 

4. Terampil menggambar sketsa peta negara anggota ASEAN 


B. Peran Guru dan Orang Tua 

1. Peran Guru

a. Bekerjasama dengan orang tua siswa dalam pembelajaran di rumah

b. Memberikan tugas-tugas sesuai dengan kemampuan siswa

c. Memberikan penilaian dan umpan balik untuk tugas tugas yang diberikan 

kepada siswa

2. Peran Orang Tua

a. Mengingatkan anak untuk mempelajari modul

b. Membimbing anak untuk mempelajari modul

c. Membantu dan mendampingi anak dalam mengerjakan tugas tugas yang 

diberikan guru

d. Mengontrol anak dalam belajar

e. Mengingatkan anak untuk mengerjakan tugas tugas sesuai dengan 

petunjuk guru


C. Aktivitas Pembelajaran

Apakah Ananda tahu bahwa Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain? 

Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain baik berbatasan langsung maupun 

tidak langsung. Negara – negara tersebut terletak di kawasan Asia Tenggara yang 

tergabung dalam organisasi yang dinamakan


Pembelajaran 1

ASEAN (Association of South East Asian Nations). ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN diprakarsai lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Saat ini, ASEAN beranggotakan 10 negara. Total keseluruhan luas wilayah ASEAN adalah 4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN.Selayaknya negara satu kawasan, negara-negara Asia Tenggara tidak lepas dariadanya kerja sama antar negera-negaranya. Agar lebih jelas perhatikan peta berikut

Sumber :https://sites.google.com/site/squeezparty 

Gambar 1.1 Negara-negara ASEAN

 Membaca Teks

Mengerjakan Tugas

1. Perhatikan Gambar Peta ASEAN

Sumber : https://www.google.com/search?q=peta+asean

Gambar 1.2. Peta negara-negara ASEAN

Amati peta di atas, lakukan identifikasi batas-batas masing masing negara 

anggota ASEAN. 


Agar ananda lebih jelas, carilah sumber belajar di internet 

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/09/110909269/letak-geografis dan-batas-wilayah-asea.


 Agar ananda lebih jelas, kerjakan tugas di bawah ini

Aktivitas 1 

1 Menentukan Letak Geografis Negara-Negara ASEAN

Secara geografis letak ASEAN diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia dan benua Australia. Hal ini membuat posisi geografis ASEAN sangat strategis karena melewati jalur perdagangan internasional. Indonesia menjadi negara ASEAN yang paling strategis. ASEAN berbatasan dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, selatan, dan barat. Batas wilayah ASEAN juga meliputi batas daratan atau batas lautan.

Nama Negara

Batas Negara

Luas

Barat Selatan Timur Utara


2. Karena letak geografis ASEAN tersebut, memiliki dampak positif dan negatif 

yang sangat berpengaruh bagi negara negara anggotanya. 

Perhatikan Peta berikut

 Sumber https://www.google.com/search?q=peta+asean


Setelah Ananda memperhatikan peta letak Geografis ASEAN ,lakukan analisa apa dampak positif dan negatif dari letak tersebut yang sangat berpengaruh bagi negara negara anggotanya. Untuk lebih jelasnya kerjakan tugas berikut

Dampak Positif  Dampak Negatif

Tuliskan tugas, rangkuman dan latihan di buku putih IPS hasilnya videokan dan kirim ke WAG kelas

Selamat Belajar

Komentar

Postingan Populer