PENGGUNAAN MODUL 1 AKTIVITAS 5 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 1 KELAS VII

 





KELAS VII IPS GURU R SANI



Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.



MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL

Penulis: Edi Sumardi, M.Pd. (SMPN 130 Jakarta) 

Penelaah: I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., MA (Universitas Negeri Malang)



MODUL 1
Membuat Alat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan Kertas

Alat penunjuk arah mata angin sederhana ini berguna untuk mengetahui perubahan angin muson. Jika angin berhembus dari barat berarti angin muson barat, sebaliknya jika angin berhembus dari timur maka dikatan sebagai angin muson timur.Ananda dapat melakukan percobaan dengan membuat alat penujuk arah mata angin sederhana melalui Langkah-langkah berikut, jika masih menemui kesulitan Ananda dapat mengunjungi 


Membuat Alat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan Kertas


A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah membaca teks, Ananda mampu menjelaskan pengertian kondisi geologi Indonesia

2. Setelah mengoservasi kondisi fisik wilayah Indonesia, Ananda mampu menjelaskan bentuk-bentuk muka bumi

3. Setelah melakukan analisis, Ananda mampu menyimpulkan kondisi iklim di Indonesia

4. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu mengidentifikasi dampak positif dan negatif angin muson

5. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu membuat alat penunjuk arah mata angin dari bahan kertas



B. PERAN GURU DAN ORANG TUA 

Peran Guru


1. Menyiapkan bahan ajar keadaan fisik wilayah Indonesia

2. Melaksnakan pembelajaran dengan memandu siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran

3. Melakukan monitoring dan penilaian pembelajaran

4. Berkomunikasi secara efektif dengan orang tua

5. Memberi umpan balik tugas-tugas pada siswa



Peran Orang Tua


1. Memastikan siswa siap untuk belajar dengan kelengkapan peralatan dan bahan ajar

2. Mendampingi siswa dan membantu menyelesaikan tugas

3. Berkomunikasi secara efektif kepada guru apabila terdapat kesulitan belajar di rumah

4. Mendampingi siswa menyerahkan tugas-tugas kepada guru



C. AKTIVITAS PEMBELAJARAN 5

Membuat Alat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan KertasAlat penunjuk arah mata angin sederhana ini berguna untuk mengetahui perubahan angin muson. Jika angin berhembus dari barat berarti angin muson barat, sebaliknya jika angin berhembus dari timur maka dikatan sebagai angin muson timur.Ananda dapat melakukan percobaan dengan membuat alat penujuk arah mata angin sederhanamelalui Langkah-langkah berikut, jika masih menemui kesulitan Ananda dapat mengunjungi 
situs; https://id.wikihow.com/Membuat-Penunjuk-Arah-MataAngin

Langkah Pembuatan 

Langkah 1
Buat keratan pada kedua ujung sedotanSiapkan sedotan plastik yang lurus, lalu gunakan gunting untuk membuat keratan di kedua ujungnya. Panjang tiap keratan kira kira 1 cm.
Langkah 2
Buat segitiga dan kotak dari kertas yang tebalSebaiknya segitiga itu seperti panah atau segitiga samasisi dan lebih kecil dari kotak. Jika ada penggaris, coba buat segitiga yang tingginya 5 cm dan kotakberukuran 7x7
Langkah 3 
Pasang kedua potongan kertas tadi pada keratan di sedotanSegitiga itu bisa dipasangkan sehingga menyerupai ujung anak panah, sementara kotak pada ujung lawannya. Kalau kedua potongan tadi tidak 
bisa terpasang dengan baik, coba dilem pada sedotan lalu biarkan di atas alas kertas hingga lem kering.
Langkah 4
Siapkan wadah berisi kerikilSiapkan wadah es krim, gelas plastik, atau wadah plastik kecil apa pun yang sudah tak terpakai. Isi setengah wadah tersebut dengan kerikil, pasir, atau sejenisnya yang bisa menahan agar penunjuk arah mata angin tetap tegak.
Langkah 5 
Buat tutup untuk wadahKalau wadah itu sudah ada tutupnya, pakaikan tutup tersebut. Kalau tak ada 
tutup, buat tutup dari piring kertas atau kardus yang dilem di atas wadah. Tunggu hingga lem kering dan tutup itu sudah benar-benar terpasang sebelum melanjutkan.
Langkah 6
Tusuk pensil menembus sisi bawah wadahSiapkan pensil yang atasnya ada penghapus karet. Balikkan
wadah tadi dan buat lubang di sisi bawahnya; untuk anak-anak sebaiknya minta bantuan orang dewasa. Tancap ujung tajam pensil (ujung yang untuk menulis) ke lubang hingga terbenam dalam kerikil/pasir dan bisa berdiri.
Langkah 7
Tusukkan jarum sehingga sedotan terpasang pada ujung penghapus pensilSiapkan jarum atau paku 
payung. Tusuk jarum menembus tengah-tengah sedotan lalu tusuk ke ujung penghapus pensil. Coba tiup kertas kotak pada sedotan; jika sedotan tidak berputar, coba pastikan jarum tertusuk pas di tengah 
sedotan; jika rubuh, coba potong kertas di sisi yang rubuh sehingga lebih kecil.
Langkah 8
Tentukan arah mata angincoba cari tahu arah utara sebelah mana. Tuliskan 
“Utara” pada sisi atau atas wadah plastik yang menghadap utara. 
wadah dituliskan “Timur”, “Selatan”, dan “Barat” berurutan searah jarum jam selayaknya melihat arah 
mata angin pada peta.
Langkah 9
Amati ketika penunjuk arah mata angin berputarBawa penunjuk arah mata angin ke luar, yakni tempat 
yang jauh dari tembok atau benda besar lainnya yang bisa menghalangi angin. Jika ada anginberembus, 
semestinya angin mendorong kertas kotak sehingga sedotan berputar dan kertas panah menunjukkan arah dari mana angin “datang”. Kalau panah menunjuk ke arah barat, maka angin itu adalah 
angin barat yang bertiup dari barat ke timur.

Tuliskan tugas rangkuman dan latihan di buku putih IPS hasilnya videokan dan kirim ke WAG kelas

Selamat Belajar

Komentar

Postingan Populer