PENGGUNAAN MODUL1 AKTIVITAS 1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 1 KELAS VII

 


KELAS VII IPS GURU R SANI

Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.

MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL

Penulis: Edi Sumardi, M.Pd. (SMPN 130 Jakarta) 

Penelaah: I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., MA (Universitas Negeri Malang)


MODUL 1


ANUGERAH KONDISI ALAM INDONESIA

Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah alam Indonesia yang indah berupa gunung, pegunungan, hutan, sungai, laut juga kaya akan sumber daya alam. Keadaan alam Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu keadaan fisik wilayah serta keadaan flora dan fauna. Keadaan fisik wilayah di anta￾ranya terdiri dari keadaan iklim dan keadaan bentuk permukaan bumi yang akan menentukan jenis tanahnya. Materi ini penting agar ananda dapat memahami sekaligus mengelola potensi berdasarkan kondisi alam Indonesia agar waspada dari resiko bencana alam dan sumber daya alam tetap lestari.

Sumber: Edi Sumardi, (2018)


KONDISI FISIK INDONESIA

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah membaca teks, Ananda mampu menjelaskan pengertian kondisi geologi Indonesia

2. Setelah mengoservasi kondisi fisik wilayah Indonesia, Ananda mampu menjelaskan bentuk-bentuk muka bumi

3. Setelah melakukan analisis, Ananda mampu menyimpulkan kondisi iklim di Indonesia

4. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu mengidentifikasi dampak positif dan negatif angin muson

5. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu membuat alat 

penunjuk arah mata angin dari bahan kertas


B. PERAN GURU DAN ORANG TUA 

Peran Guru

1. Menyiapkan bahan ajar keadaan fisik wilayah Indonesia

2. Melaksnakan pembelajaran dengan memandu siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran

3. Melakukan monitoring dan penilaian pembelajaran

4. Berkomunikasi secara efektif dengan orang tua

5. Memberi umpan balik tugas-tugas pada siswa


Peran Orang Tua

1. Memastikan siswa siap untuk belajar dengan kelengkapan 

peralatan dan bahan ajar

2. Mendampingi siswa dan membantu menyelesaikan tugas￾tigas

3. Berkomunikasi secara efektif kepada guru apabila terdapat 

kesulitan belajar di rumah

4. Mendampingi siswa menyerahkan tugas-tugas kepada guru


C. AKTIVITAS PEMBELAJARAN 1

Pelajaran 1. 

Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Setiap negara memiliki ciri-ciri fisik kondisi tertentu begitu juga dengan Indonesia. Keadaan fisik tersebut dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi, dan iklim. Keadaan fisik akan memengaruhi corak atau karakteristik kehidupan makhluk hidup yang tinggal di atasnya.Secara geologis, Indonesia adalah negara yang terletak di antara beberapa lempengan bumi dan beberapa dangkalan laut. Hal ini menyebabkan kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di tiap wilayahnya. Indonesia juga dilewati oleh dua jalur pegunungan (sirkum) dunia yaitu mediterania dan pasifik, keduanya bertemu di Laut Banda, Kepulauan Maluku.


AKTIVITAS 1.1 

Menjelaskan Kondisi Geologi Indonesia

Sumber: http://aksi.id/artikel/32004/Ada-3-Lempeng-Tektonik-AktifIndonesia-Timur-Rawan-Gempa-Bumi-dan-Tsunami/

Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng teknonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, 

Eurasia, dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertumbukan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara. Lempeng Pasifik bertumbukuan Eurasia di utara Papua dan Maluku Utara. Tumbukan lempeng tersebut kemudian membentuk rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung api di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara. Selain itu tumbukan antarlempeng menghasilkan gempa bumi tektonik, vulkanik, dan gelombang tsunami. Gempa bumi terjadi karena lempeng saling bertumbukkan sehingga menghasilkan getaran sampai ke permukaan bumi. Dari kenyataan tersebut, Indonesia terbagi menjadi Kawasan geologis sebagai berikut:

a. Daerah dangkalan sunda meliputi Indonesia bagian barat, seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

b. Daerah dangkalan sahul meliputi Indonesia bagian timur, seperti Papua dan Sebagian Maluku.

c. Daerah peralihan antara dangkalan sunda dan sahul, yaitu Sulawesi dan NusaTenggara. 

Dampak dari kondisi itu wilayah Indonesia; rawan gempa vulkanik dan tektonik, terdapat banyak gunung api, tanahnya subur, Kekayaan laut yang melimpah,dan kaya akan bahan tambang.


Cara mengurangi resiko akibat bencana gempa bumi

Sebelum Gempa Bumi

1. Pastikan Bangun rumah tahan gempa.

2. Pastikan perabotan disimpan dalam kondisi aman.

3. Siapkan kotak P3K dan senter dilengkapi baterai di rumah.

4. Pelajari jalur evakuasi pada tempat tinggal Ananda.


Saat Gempa Bumi

1. Jangan panik dan selalu berdoa.

2. Saat gempa terjadi ada di dalam ruangan, berlindung pada tempat yang kuat. Di bawah meja atau tempat yang aman untuk berlindung, atau segera keluar ruangan jika memungkinkan.

3. Jika di luar ruangan, hindari tiang listrik, pohon atau bangunan yang mudah roboh. Selalu perhatikan kondisi.


Setelah Gempa Bumi

1. Keluar dari dalam ruangan setelah terjadi gempa. Pastikan lihat ke atas dan waspada benda yang jatuh.

2. Segera cari informasi pusat gempa untuk mendapatkan informasi apakah gempa berpotensi tsunami.

3. Jangan kembali ke ruangan usai gempa, karena memungkinkan gempa susulan.Selain gempa bumi, wilayah Indonesia juga rawan bencana letusan gunung api. 

Berikut ini infografis cara menyelamatkan diri saat gunung Meletus.

Sumber: https://www.pantau.com/topic/infografis/pantau-grafis-caramenyelamatkan-diri-yang-benar-saat-terjadi-gunung-meletus

Tips Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus


Silahkan Ananda jelaskan tentang kondisi geologis Indonesia 

dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Jelaskan pengertian kondisi geologis Indonesia !

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………


2. Jelaskan dampak dari kondisi geologis Indonesia !

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………



Tuliskan tugas rangkuman dan latihan di buku putih IPS hasilnya videokan dan kirim ke WAG kelas

Selamat Belajar

Komentar

Postingan Populer