PENGGUNAAN MODUL 1 AKTIVITAS 4 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 1 KELAS VII

 


KELAS VII IPS GURU R SANI


Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.


MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL

Penulis: Edi Sumardi, M.Pd. (SMPN 130 Jakarta) 

Penelaah: I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., MA (Universitas Negeri Malang)


MODUL 1

Mengidentifikasi Dampak Angin Muson




MENGIDENTIFIKASI DAMPAK ANGIN MUSON

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah membaca teks, Ananda mampu menjelaskan pengertian kondisi geologi Indonesia

2. Setelah mengoservasi kondisi fisik wilayah Indonesia, Ananda mampu menjelaskan bentuk-bentuk muka bumi

3. Setelah melakukan analisis, Ananda mampu menyimpulkan kondisi iklim di Indonesia

4. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu mengidentifikasi dampak positif dan negatif angin muson

5. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu membuat alat penunjuk arah mata angin dari bahan kertas


B. PERAN GURU DAN ORANG TUA 

Peran Guru

1. Menyiapkan bahan ajar keadaan fisik wilayah Indonesia

2. Melaksnakan pembelajaran dengan memandu siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran

3. Melakukan monitoring dan penilaian pembelajaran

4. Berkomunikasi secara efektif dengan orang tua

5. Memberi umpan balik tugas-tugas pada siswa


Peran Orang Tua

1. Memastikan siswa siap untuk belajar dengan kelengkapan peralatan dan bahan ajar

2. Mendampingi siswa dan membantu menyelesaikan tugas

3. Berkomunikasi secara efektif kepada guru apabila terdapat kesulitan belajar di rumah

4. Mendampingi siswa menyerahkan tugas-tugas kepada guru


C. AKTIVITAS PEMBELAJARAN 4

Mengidentifikasi Dampak Angin Muson

Setelah mengetahui angin muson barat dan angin muson timur, Ananda kelompokkan dampak positif maupun negatif dari angin muson.

Angin Muson 

DampakAngin Muson Barat

Positif

1  Petani dapat bercocok tanam

2 ………………………………………………

3 ………………………………………………

4 ………………………………………………

5 ………………………………………………

Negatif

1  Bahaya bencana banjir

2 ………………………………………………

3 ………………………………………………

4 ………………………………………………

5 ………………………………………………

Muson Timur

Positif

1 Nelayan dapat melaut dengan tenang

2 ………………………………………………

3 ………………………………………………

4 ………………………………………………

5 ………………………………………………

Negatif

1  Rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan

2 ………………………………………………

3 ………………………………………………

4 ………………………………………………

5 ………………………………………………


Tuliskan tugas rangkuman dan latihan di buku putih IPS hasilnya videokan dan kirim ke WAG kelas

Selamat Belajar

Komentar

Postingan Populer