PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VII
KELAS VII IPS GURU R SANI
BANDUNG,2021
Pembelajaran 2
Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.
MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA DAN SISWI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH ASINKRON
Hak Cipta © 2020 pada
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Dilindungi Undang-Undang
MILIK NEGARA – TIDAK DIPERDAGANGKAN
Pengarah: Drs. Mulyatsyah, MM (Direktur Sekolah Menengah Pertama)
Penanggung jawab: Dra. Ninik Purwaning Setyorini, MA (Koordinator Bidang Penilaian)
MODUL 1:
Anugerah Kondisi Alam Indonesia
Penulis: Edi Sumardi, M.Pd. (SMPN 130 Jakarta)
Penelaah: I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., MA (Universitas Negeri Malang)
MODUL 1
PEMBELAJARAN 2
FLORA DAN FAUNA INDONESIA
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu
mengidentifikasi sebaran flora dan fauna
2. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu
mengidentifikasi ciri-ciri tipe fauana Indonesia
3. Setelah melakukan analisis, Ananda mampu menemukan peta
sebaran flora dan fauna Idonesaia
4. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu merumuskan
faktor keberagaman flora dan fauna Indonesia
B. PERAN GURU DAN ORANG TUA
Peran Guru
1. Menyiapkan bahan ajar flora dan fauna Indonesia
2. Melaksnakan pembelajaran dengan memandu siswa
melaksanakan aktivitas pembelajaran
3. Melakukan monitoring dan penilaian pembelajaran
4. Berkomunikasi secara efektif dengan orang tua
5. Memberi umpan balik tugas-tugas pada siswa
Peran Orang Tua
1. Memastikan siswa siap untuk belajar dengan kelengkapan peralatan dan Bahan ajar
2. Mendampingi siswa dan membantu menyelesaikan tugas tugas
3. Berkomunikasi secara efektif kepada guru apabila terdapat kesulitan belajar di rumah
4. Mendampingi siswa menyerahkan tugas-tugas kepada guru
C. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
AKTIVITAS 2.1.
Membaca Teks Flora dan Fauna
Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangatbesar. Bahkan, keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tigabesar di dunia bersama-sama dengan Brazil di Amerika Selatandan Zaire di Afrika. Berdasarkan data dari Departemen Kehutanandan Perkebunan tahun 1999 jumlah spesies tumbuhan di Indonesiamencapai 8.000 spesies yang sudah teridentifikasi, sedangkanjumlah spesies hewan mencapai 2.215 spesies. Spesies hewanterdiri atas 515 mamalia, 60 reptil, 1519 burung, dan 121 kupu kupu.Besarnya keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. Suhudan curah hujan yang besar memungkinkan tumbuhnya beragamjenis tumbuhan. Semakin banyak air tersedia semakin banyaktumbuhan yang dapat tumbuh dan karena itu semakin banyakhewan yang dapat hidup di daerah tersebut.Secara umum, keanekaragaman flora diIndonesia dipengaruhioleh tiga hal,yaitu;
a. Berada di Kawasan tropis yang memiliki iklim stabil.
b. Dilintasi oleh dua pusat persebaran biota dari benua Asiadan Australia.
c. Kondisi geografis Indonesia yang las memungkinkan beragam species hidup di dalamnya.
Akibat pengaruh tersebut Flora Indonesia dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu Indo-Malayan dan Indo- Australian.Kelompok Indo-Malayan meliputi Kawasan Indonesia Barat.Pulau-pulau yang masuk ke dalam kelompok ini adalah Sumatra,Kalimantan, Jawa, dan Bali. Kelompok Indo-Australian meliputitumbuhan yang ada di Kawasan Indonesia Timur. Pulau-pulauyang termasuk dalam Kawasan ini adalah Sulawesi, Nusa Tenggara,Maluku, dan Papua.Demikian pula halnya dengan fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Garisyang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dengan IndonesiaTengah dinamakan garis Wallace, sedangkan yang memisahkan faunaIndonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan garis Weber.Fauna bagian Barat memiliki ciri seperti fauna Asia sehinggadisebut tipe Asiatis (Asiatic) Fauna bagian tengah merupakan faunaperalihan yang cirinya berbeda dengan fauna bagian timur sehingga fauna tipe ini disebut fauna endemis. Fauna bagian timur memilikitipe yang mirip fauna Benua Austalia, sehingga disebut tipeAustralis (Australic). Untuk mendapatkan pemahaman materilebih dalam silahkan Ananda baca buku paket,Ilmu PengetahuanSosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud, 2016. Halaman 67-74.Selain itu agar Ananda memiliki rasa empati pada flora danfauna Indonesia dapat melihat tayangan video tentang koservasikeanekaragaman hayati atau Biodiversity oleh Kementrian Ling kungan Hidup (KLH) melalui tautan
Tabel 2. Ciri-Ciri Flora di Indonesia
Indonesia Barat Indonesia Timur
Jenis meranti-merantian sangatbanyak Jenis meranti-merantian hanya sedikit
Terdapat berbagai jenis rotan Tidak terdapat berbagai jenis rotan
Tidak terdapat hutan kayu putih Terdapat hutan kayu putih
Jenis tumbuhan matoa (pometiapinnata) sedikit Terdapat berbagai jenis tumbuhan matoa,khususnya di Papua
Jenis tumbuhan sagu sedikit Banyak terdapat tumbuhan sagu
Terdapat berbagai jenis nangka Tidak terdapat jenis nangka
Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII,Kemdikbud, 2016
Gambar 1.5 Peta Pembagian Sebaran Fauna di Indonesia
AKTIVITAS 2.2.
Mengidentifikasi Sebaran
Flora adalah semua jenis tumbuhan yang merupaan kekayaan alamsuatu tempat. Indonesia sebagai negara yang dilintasi garis khatulistiwa memiliki keanekaragaman flora yang besar yaitu sebagai salahsatu negara yang memiliki hutan terluas di dunia (posisi ke-9). Faktorkeragaman flora juga fauna di Indonesia dipengaruhi oleh iklim, tanah,bentang alam (relief permukaan bumi). Suhu dan curah ujan yangbesar yang memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan.Makin banyak air yang tersedia, makin banyak tumbuhan yang tumbuh, makin banyak pula hewan yang hidup di daerah tersebut.
http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-budidaya-tanaman
Gambar 1. 6 Tanaman sagu, flora Endemik Indonesia Timur
Untuk mengekspresikan pengetahuan Ananda terkait nama namatanaman, kelompok flora dan pemanfaatannya, silahkan Anandamengisi titik titik didalam tabel berikut ini. Ananda dapat mencaripengetahuan tambahand ari buku paket maupun sumber sumberlain yang terpercaya melalui internet.
No Nama Tanaman
1 Kayu putih Indo-Australian Daunnya digunakan untuk obat
2 Rotan Indo-Malayan Furnitur dan kerajinan
3 …………………………………………..…………………………………
4 …………………………………………..…………………………………
5 …………………………………………..…………………………………
AKTIVITAS 2.3.
Mengidentifikasi Ciri-Ciri Tipe fauna
Fauna Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulau tropis. Jenis faunadi Indonesia dibagi ke dalam 3 tipe zona fauna berdasarkan wilayah persebarannya. Ada fauna tipe Asiatis dengan wilayah persebaran di Indonesia bagian barat, fauna tipe peralihan denganwilayah persebaran di Indonesia tengah dan tipe Australis yangwilayah persebarannya meliputi wilayah Indonesia bagian timur.Silahkan Ananda mengisi tabel berikut untuk memahami perbedaan ciri-ciri tipe fauna Indonesia bagian barat, tipe peralihandan tipe Indonesia bagian timur. Untuk dapat menjawabnyaAnanda membaca bu dapat megunjungi situs ini
https://ilmugeografi.com/biogeografi/persebaran-fauna-di-indonesia
Ciri-Ciri Tipe Fauna
Asiatis Peralihan Australis
1. mamalia yangberukuran besar 1. Memiliki ciri
fisikcampuran
antaratipe Asiatis
dan Australis. 1. memiliki hewan
hewan berkantung
2. ……………………….
2. ……………………….
2. ……………………….
3. ……………………….
3. ……………………….
3. ……………………….
AKTIVITAS 2.4.
Mengidentifikasi Sebaran Fauna Indonesia
Setelah mengetahui tipe tipe fauna, Adapun jenis fauna tipe Asiatisyang hidup di Indonesai bagian barat yaitu gajah, macan, tapir,badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan,monyet, bekantan,dan berbagai jenis reptil.Untuk tipe pelarihan jenis faunanya yaitu babi rusa, anoa, ikanduyung, kuskus, monyet hitam, kuda, sapi, monyet saba, beruang,tarsius, sapi, dan banteng. Selain itu terdapat pula reptil, Amphibi,dan berbagai jenis burung. Sedangkan tipe fauna Indonesia timuryaitu kanguru, beruang, walabi, landak papua, kuskus, pemanjatberkantung (oposum layang), kangguru pohon, dan kelelawar.Ananda sekarang sudah mengetahui jenis-jenis faunanya, silahkan isi tabel berikut nama-namaya dengan memperhatikan tipefauna dan asal wilayahnya yang biasa disebut endemik
Asiatis
Sumatra Gajah,………………,………………,…………….
Jawa Badak bercula satu,……………,…………..,……..
Bali Burung jalak,…………,……………,…………..
Kalimantan Orang utan, ……………,……………,………
Peralihan
Sulawesi Anoa, ……………,…………………,……………
Nusa Tenggara Kuda, ………………,…………………,…………
Australis
Papua Burung cendrawasih, ……………,…………
Halmahera Burung gagak, ………………,………………
Kepulauan Aru Burung kakatua, ……………,………………..
AKTIVITAS 2.5.
Merumuskan Faktor Keberagaman Flora dan Fauna Indonesia
Besarnya keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia berkaitanerat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. Suhu dan curah hujan yang besar memungkinkan tumbuhnya beragam jenistumbuhan. Semakin banyak air tersedia semakin banyak tumbuhan yang dapat tumbuh dan karena itu semakin banyak hewan yangdapat hidup di daerah tersebut.Silahkan Ananda rumuskan faktor -faktor yang mempengaruhi keberagaman flora dan fauna di Indonesia dengan mengisi tabel berikut !
Faktor Penyebab Penjelasan
Iklim …………………………………………………..…………………………………………………..…………………………………………………..
Tanah/Edafik…………………………………………………..…………………………………………………..…………………………………………………..
Kemiringan dan
ketinggian suatu tempat
(Topografi)…………………………………………………..…………………………………………………..…………………………………………………..
Komponen lingkungan
hidup/Biotik(Manusia,hewan, tumbuhan)…………………………………………………..…………………………………………………..…………………………………………………..
D. LATIHAN
No Soal Uraian
1 Wilayah mana saja yang termasuk sebaran kelompok Indo-Malayandan wilayah Indo-Autralian?
2 Apa yang dimaksud dengan garis Wallace dan garis Weber!
3 Mengapa keberagaman flora dan fauna di Indonesia cukup tinggi?
4 Mengapa fauna Indonesia bagian tengah disebut fauna peralihan?
5 Sebutkan 5 fauna Indonesia bagian barat yang dilindungi!
TEKA TEKI
Daftar Pertanyaan
Mendatar
4. Gerakan massa udara yang terjadi karena adanya perbedaantekanan udara yang mencolok antara daratan dan juga
samudera
6. Sebutan untuk kelompok flora Indonesia bagian barat
7. Garis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dan Australasia
10. Tanaman ini banyak terdapat di Papua
11. Jurang yang berada di dasar laut.
14. Gunung tertinggi di Pulau Jawa
15. Salah satu hewan tipe fauna peralihan
16. Suatu besaran yang menunjukan derajat panas dari suatubenda.
17. Sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi.
19. Angin muson yang menyebabkan terjadinya musim hujan
Menurun
1. Gelombang besar yang terbentuk akibat gempa bumi,longsor, letusan gunung berapi atau peristiwa lainnya di laut/samudera.
2. Bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggidibandingkan dengan daerah sekitarnya.
3. Guncangan atau getaran di permukaan bumi akibatpergeseran lapisan batuan di dasar permukaan bumi.
5. keadaan udara yang berkaitan dengan suhu, cahayamatahari, kelembapan, hingga kecepatan angin pada suatu tempat tertentu dalam jangka waktu terbatas.
6. Iklim yang terletak di antara garis khatulistiwa yang cirikhasnya yaitu selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun
8. Pengungsian atau pemindahan penduduk dari daerahdaerah yang berbahaya
9. Cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air
12. Garis yang membatasi jenis fauna Indonesia bagian tengahdengan Indonesia bagian timur
13. Kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjanguntuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
18. Hewan yang berasal dari Indonesia bagian barat
E. RANGKUMAN
Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangatbesar. Bahkan, keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tigabesar di dunia bersama-sama dengan Brazil di Amerika Selatandan Zaire di Afrika. Besarnya keanekaragaman flora dan fauna diIndonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisikwilayah.Akibat pengaruh tersebut flora Indonesia dibedakan menjadidua kelompok besar yaitu Indo-Malayan dan Indo- Australian.Demikian pula halnya dengan fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur.Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dengan Indonesia Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan yang memisahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan garis
Weber.Fauna bagian Barat memiliki ciri seperti fauna Asia sehinggadisebut tipe Asiatis (Asiatic) Fauna bagian tengah merupakan fauna peralihan yang cirinya berbeda dengan fauna bagian timur sehingga fauna tipe ini disebut fauna endemis. Fauna bagian timur memiliki tipe yang mirip fauna Benua Austalia, sehingga disebuttipe Australis (Australic).
F. REFLEKSI
Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran tersebut,tuliskan hal-hal sebagai berikut
1. Pengetahuan tentang apa saja yang Ananda peroleh setelahMelaksanakanproses belajar?
2. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajarmateri tersebut?
3. Hal-hal apa yang menurut Ananda sulit dikuasai dalam mempelajari materi ini?
Komentar
Posting Komentar