LATIHAN BAB III KELAS VII MODUL1, 2 DAN 3
Pilihan Ganda
modul 1
1. Ketidakseimbangan antara kebutuhan yang terus meningkat dan ketersediaan alat
pemuas kebutuhan yang terbatas di sekitar kita mengakibatkan adanya … .
a. tindakan ekonomi
b. masalah ekonomi
c. kesenjangan sosial
d. kehidupan sosial
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Menumpuk bahan konsumsi setiap bulan
2. Membuat skala prioritas kebutuhan
3. Membeli barang sesuai kebutuhan
4. Membeli kebutuhan sebanyak mungkin saat diskon
Perilaku terpuji berupa sikap mensyukuri akan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari
ditunjukkan dengan penyataan nomor … .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
3. Perhatikan tabel berikut!
1 2 3 4
Buku
Alat tulis
Seragam
Motor
Bensin
Helm
Aksesoris
Tas
Pakaian
Perhiasan
Sepatu
Tas
Kebutuhan primer bagi seorang pelajar ditunjukkan tabel nomor … .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
EVALUASI
46 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
4. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sasmita seorang pekerja keras, sehari-hari ia menjalani kehidupan dengan bekerja
tanpa kenal lelah. Semua pekerjaan diselesaikan dengan penuh tanggung jawab dan
memiliki hasil yang memuaskan. Giat bekerja demi memenuhi kebutuhan yang
bersifat materi tidak membuatnya lupa untuk melakukan kegiatan yang
membuatnya merasa senang, aman dan tenang, seperti beribadah, menonton acara
televisi atau membaca buku kesukaannya.
Kegiatan yang dilakukan oleh Sasmita dengan tujuan membuat jiwa senang, aman
dan tenang merupakan kebutuhan … .
a. sekarang
b. masa akan datang
c. jasmani
d. rohani
5. Perhatikan ilustrasi berikut!
Bayu seorang pengusaha konveksi pakaian kerja. Hasil produksinya berupa jas,
gaun, kemeja, celana dan rok. Dalam memproduksi, Bayu menjalin hubungan
dengan pabrik tekstil untuk mendapatkan kain sebagai bahan baku usahanya. Bayu
mendirikan usaha konveksinya di daerah dekat pabrik tekstil untuk menghemat
biaya dalam mendapatkan bahan baku. Kegiatan ini mampu menyerap tenaga kerja
dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
Dari ilustrasi tersebut, barang setengah jadi ialah … .
a. kain
b. jas
c. gaun
d. kemeja
6. Suatu kegiatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
disebut dengan … ekonomi.
a. ilmu
b. tindakan
c. motif
d. prinsip
47 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
7. Berikut ini contoh dari motif ekonomi berbuat sosial ialah … .
a. Andani menggunakan motor ke tempat kerja untuk menghemat pengeluaran
bensin
b. Erni menyumbangkan buku untuk sekolah dengan tujuan menumbuhkan minat
baca pada siswa
c. Rizky menjadi agen beras untuk mendapatkan keuntungan demi memenuhi
kebutuhan sehari-hari
d. Soraya semangat belajar demi mendapatkan nilai terbaik di sekolah
8. Suatu tindakan yang penuh pertimbangan sehingga pengorbanan yang kita lakukan
mendapatkan hasil yang maksimal, merupakan pengertian dari …. ekonomi.
a. tindakan
b. motif
c. prinsip
d. ilmu
9. Kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang disebut … .
a. kegiatan ekonomi
b. produksi
c. distribusi
d. konsumsi
10. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Faktor alam
2. Faktor tenaga kerja
3. Faktor modal
4. Faktor kewirausahaan
Faktor produksi asli ditunjukkan pernyataan nomor … .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
48 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
11. Perhatikan gambar berikut!
Sumber: Lucy (2019)
Gambar tersebut merupakan contoh sumber daya manusia yang sedang melakukan
kegiatan produksi. Tenaga kerja tersebut termasuk kelompok … .
a. terdidik
b. terlatih
c. terdidik dan terlatih
d. tidak terdidik dan tidak terlatih
12. Perhatikan gambar berikut!
Sumber: Risbai (2019)
Kegiatan tersebut dilakukan oleh distributor dengan tujuan menyampaikan barang
dari produsen ke konsumen, yang disebut dengan … .
a. produksi
b. distribusi
c. konsumsi
d. kegiatan ekonomi
49 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
13. Perhatikan gambar berikut!
Sumber: Lucy (2019)
Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh penjual tersebut termasuk distribusi … .
a. langsung
b. semi langsung
c. tidak langsung
d. secara langsung
14. Perhatikan gambar berikut!
Sumber: Chaerunnisa (2019)
Pernyataan yang tepat pada gambar, berkaitan dengan materi kegiatan ekonomi
ialah … .
a. siswa sedang melakukan kegiatan memproduksi laptop
b. pembelajaran yang dilakukan ialah pembahasan mengenai distribusi barang
dan jasa
c. kegiatan belajar di sekolah yang dilakukan siswa merupakan kegiatan
mengkonsumsi jasa
d. menghasilkan ilmu untuk kemudian diimbaskan ke masyarakat
50 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
15. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Membeli bahan baku
2. Membayar gaji karyawan
3. Membangun jalan raya
4. Membayar listrik untuk rumah
Contoh konsumsi rumah tangga perusahaan ditunjukkan pernyataan … .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
Pilihan Ganda
MODUL 2
1. Jumlah barang/jasa yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga
dan waktu tertentu, disebut dengan … .
a. permintaan
b. penawaran
c. perekonomian
d. harga
2. Perhatikan deskripsi berikut!
Ibu Andani berbelanja di pasar. Ia melihat banyak sekali pedagang buah menjual
mangga. Mangga adalah buah kesukaan anaknya. Ia teringat harga mangga pada
bulan sebelumnya yaitu Rp. 30.000,00-/kg namun sekarang harga perkilonya Rp.
10.000,00-. Ternyata bulan ini ialah musim mangga berbuah, maka wajar apabila
persediaan mangga melimpah. Faktor harga barang seperti contoh tersebut biasanya
akan mempengaruhi permintaan, yaitu … .
a. permintaan akan mangga meningkat dikarenakan harga turun
b. permintaan akan mangga turun dikarenakan harga naik
c. penawaran akan mangga turun dikarenakan harga turun
d. penawaran akan mangga naik dikarenakan harga naik
3. Perhatikan deskripsi berikut!
Pandemi covid-19 mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat. Akibat pandemi,
banyak karyawan yang terpaksa diberhentikan karena perusahaan tidak beroperasi.
Hal ini tentu dapat mempengaruhi permintaan masyarakat akan barang dan jasa. Dari
deskripsi tersebut, factor yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa ialah … .
a. harga barang
b. pendapatan masyarakat
c. selera masyarakat
d. kualitas barang
EVALUASI
87 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
4. Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan yang tepat dari kurva penawaran tersebut ialah … .
a. penjual akan sedikit menawarkan barang bila harga barang naik
b. penjual akan banyak menawarkan barang bila harga barang naik
c. pembeli akan sedikit membeli barang bila harga barang turun
d. pembeli akan banyak membeli barang bila harga barang naik
5. Berikut ini bunyi hukum penawaran “jika harga barang yang ditawarkan naik, maka
jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga
barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang”. Kesimpulan
dari bunyi hukum penawaran ialah … .
a. terdapat hubungan yang selaras antara penawaran dan permintaan pasar
b. permintaan, penawaran dan harga memiliki hubungan yang saling berkaitan
c. antara harga dengan penawaran terdapat suatu hubungan lurus, dimana harga
berbanding lurus dengan penawaran
d. antara harga dengan penawaran berbanding terbalik, penawaran akan bertambah
jika harga turun
6. Sarana bertemunya penjual dan pembeli baik langsung maupun tidak langsung untuk
melakukan interaksi jual-beli sehingga tercapai kesepakan harga, merupakan
pengertian … .
a. harga
b. penawaran
c. permintaan
d. pasar
88 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
7. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Ada barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa contoh
2. Adanya penjual dan pembeli walaupun tidak bertemu langsung
3. Terdapat kesepakatan harga antara penjual dan pembeli
4. Adanya media komunikasi antara penjual dan pembeli
Pernyataan tersebut termasuk unsur penting bagi terbentuknya … .
a. harga
b. pasar
c. kurva
d. jual-beli
8. Fungsi pasar yang berkaitan dengan memperkenalkan hasil produksi kepada
masyarakat dengan harapan dapat menarik konsumen untuk membelinya, merupakan
fungsi … .
a. distribusi
b. pembentuk harga
c. promosi
d. jual-beli
9. Perhatikan deskripsi berikut!
Pandemi covid-19 membuat kita membatasi gerak untuk mencegah penyebaran
virus. Salah satu yang dilakukan oleh ibu ialah mengurangi belanja ke luar rumah.
Beberapa kali ibu memesan buah dan sayur secara online, dengan melalui telepon
atau internet. Ibu berkomunikasi untuk memesan kebutuhannya, kemudian penjual
mengantarkan barang setelah terjadi kesepakatan harga dan jumlah barang. Dari
deskripsi tersebut, pasar yang dikunjungi ibu menurut wujudnya termasuk pasar …
a. abstrak
b. konkrit
c. konsumsi
d. produksi
10. Di Jakarta, terdapat pasar yang hanya dibuka pada bulan Juli-Agustus, tujuannya
ialah menyambut peserta didik yang libur setelah kenaikan kelas. Pasar itu bernama
Pekan Raya Jakarta (PRJ), menurut waktu penyelenggaraannya PRJ termasuk jenis
pasar … .
a. harian
b. bulanan
c. mingguan
d. tahunan
89 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
11. Perhatikan tabel berikut!
1 2
Sayur mayur
Beras
Buah-buahan
Mesin produksi
Bahan baku produksi
Tenaga kerja
3 4
Pakaian
Mesin produksi
Beras
Tenaga kerja
Bahan baku produksi
Buah-buahan
Jenis barang yang diperjualbelikan di pasar barang konsumsi ditunjukkan tabel
nomor … .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
12. Pasar persaingan tidak sempurna ialah … .
a. penjual dan pembeli tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga
karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar
b. penjual dan pembeli memiliki kebebasan menentukan harga dan jumlah
barang yang diperjualbelikan
c. terdapat kesepakatan harga terlebih dahulu antara penjual dan pembeli
d. jumlah barang dan harga ditentukan oleh masyarakat yang meminta
13. Harga pasar disebut juga dengan harga keseimbangan, karena … .
a. harga dan jumlah barang sudah ditentukan oleh kekuatan pasar
b. terjadi interaksi antara penjual dan pembeli yang hendak melakukan
transaksi jual-beli barang/jasa
c. pasar merupakan tempat terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli
sehingga fungsi pasar dapat terjaga
d. pada harga tersebut ada keseimbangan antara jumlah barang yang
ditawarkan dan jumlah barang yang diminta
90 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
14. Berikut ini contoh pasar menurut luas jaringan distribusinya ialah … .
a. pasar harian dan mingguan
b. pasar konkrit dan abstrak
c. pasar barang konsumsi dan produksi
d. pasar setempat dan nasional
15. Terbentuknya harga pasar, biasanya didahului dengan kegiatan … .
a. berinteraksi social
b. wawancara pedagang
c. tawar-menawar
d. jual-beli
MODUL 3
1. Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa
gagasan maupunkarya nyata yang relativ berbeda dengan yang ada sebelumnya
merupakan pengertian … .
a. inovasi
b. interaksi
c. wirausaha
d. kreativitas
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Bersifat ingin tahu
2. Belajar dari kegagalan
3. Tidak mudah terpengaruh orang lain
4. Bersifat sok tahu
Ciri seseorang dikatakan kreatif ditunjukkan dengan penyataan nomor … .
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
3. Penciptaan atau penemuan yang merupakan hasil penelitian atau eksperimen
disebut dengan … .
a. kreasi
b. kreatif
c. inovasi
d. usaha
4. Perhatikan ilustrasi berikut!
Lely seorang anak perempuan yang rajin membantu ibunya memasak. Berbagai
resep sudah dikuasainya terlebih resep makanan favoritnya yaitu pisang goreng.
Pada suatu hari Lely merasa bosan dengan resep pisang goreng yang biasa
dibuatnya. Kemudian dia melakukan kreativitas membuat pisang goreng bukan
dengan baluran tepung sebagaimana biasa. Untuk kulit luar, Lely menggunakan
EVALUASI
122 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
kulit yang biasa digunakan untuk membuat risol, tetapi kalau risol dalamnya
sayuran, sementara Lely mengisinya dengan pisang kemudian membungkus dan
membalurnya dengan tepung panir. Ternyata hasilnya luar biasa disukai oleh
anggota keluarga, Lely kemudian mencoba menjualnya. Lely memiliki ciri manusia
kreatif yaitu … .
a. tidak mudah terpengaruh orang lain
b. mampu menyatakan pendapat secara spontan
c. mampu mengajukan gagasan
d. bersifat ingin tahu dan berani mencoba
5. Perhatikan ilustrasi berikut!
Bayu seorang pengusaha konveksi. Pada setiap kesempatan, bayu selalu bertanya
kepada pelanggannya mengenai pelayanan dan hasil produksi konveksinya. Hal ini
dilakukan bayu dengan tujuan … .
a. menghasilkan produk dengan harga bersaing
b. membuat nyaman dan memberi kepuasan pada konsumen
c. agar produknya memiliki daya guna dan serba guna
d. agar produknya memiliki ciri khas tertentu
6. Manfaat yang didapat bila kita memiliki jiwa kewirausahaan ialah …. .
a. mandiri tidak tergantung orang lain
b. menjadi tergantung kepada orang tua
c. dapat hidup makmur akibat bantuan
d. sejahtera karena bantuan orang tua
7. Proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan.
Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang baik dalam menjalankan
sesuatu. Kalimat tersebut merupakan pengertian … .
a. inovatif
b. usaha
c. kewirausahaan
d. kreatif
8. Bermoral tinggi dan selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, merupakan ciri
manusia berjiwa wirausaha, yaitu …. .
a. kepribadian kuat
b. peka terhadap lingkungan
c. keterampilan wiraswasta
d. mencari informasi
123 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
9. Mampu mengolah limbah eceng gondok menjadi hasil karya tas dan tempat pinsil,
merupakan ciri manusia berjiwa wirausaha, yaitu … .
a. mencari informasi
b. kepribadian kuat
c. peka terhadap lingkungan
d. mental seorang wiraswasta
10. Selalu berpikir kreatif, terampil dalam memimpin dan terampil dalam manajerial
serta mudah bergaul merupakan ciri manusia berjiwa wirausaha, yaitu … .
a. keterampilan wirausaha
b. mental wirausaha
c. peka terhadap lingkungan
d. kepribadian kuat
11. Perhatikan pernyatan berikut!
1. Perbedaan letak geografis sehingga sumber daya tidak tersebar merata.
2. Pertumbuhan penduduk lebih cepat dibanding pertumbuhan barang produksi.
3. Keterbatasan kemampuan produksi barang.
4. Perkembangan tekhnologi yang selalu sama pada tiap daerah.
Penyebab kelangkaan ditunjukkan pernyataan nomor … .
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
12. Untuk mengatasi kekurangan sumber daya pada suatu daerah dan pemerataan
kebutuhan masyarakat, maka dilakukan kegiatan … .
a. produksi
b. distribusi
c. konsumsi
d. kegiatan ekonomi
124 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap
13. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Mempermudah konsumen memperoleh barang konsumsi
2. Membentuk terciptanya harga barang yang stabil
3. Mempertahankan keuntungan dari penjualan produk
4. Memberdayakan sumber daya manusia
Peranan pasar dalam kegiatan distribusi ditunjukkan pernyataan nomor … .
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
14. Peranan pasar bagi sumber daya manusia maksudnya ialah … .
a. pasar dapat menambah pendapatan daerah dan pembangunan
b. pasar mampu memenuhi kebutuhan konsumen atan barang dan jasa
c. pasar dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran
d. pasar menawarkan hasil produksi yang dapat dibeli masyarakat
15. Berikut ini yang termasuk dalam motif ekonomi bagi pengusaha ialah… .
a. biaya produksi setinggi-tingginya
b. mencari keuntungan sebanyak-banyaknya
c. meningkatkan hasil produksi agar berlimpah
d. menerima pegawai sebanyak-banyaknya
Komentar
Posting Komentar