LATIHAN BAB III KELAS VII MODUL1, 2 DAN 3

 


Pilihan Ganda

modul 1

1. Ketidakseimbangan antara kebutuhan yang terus meningkat dan ketersediaan alat 

pemuas kebutuhan yang terbatas di sekitar kita mengakibatkan adanya … .

a. tindakan ekonomi

b. masalah ekonomi

c. kesenjangan sosial

d. kehidupan sosial 

2. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Menumpuk bahan konsumsi setiap bulan

2. Membuat skala prioritas kebutuhan

3. Membeli barang sesuai kebutuhan

4. Membeli kebutuhan sebanyak mungkin saat diskon

Perilaku terpuji berupa sikap mensyukuri akan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari 

ditunjukkan dengan penyataan nomor … .

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

3. Perhatikan tabel berikut!

1 2 3 4

Buku 

Alat tulis

Seragam 

Motor

Bensin

Helm 

Aksesoris 

Tas 

Pakaian 

Perhiasan

Sepatu

Tas 

Kebutuhan primer bagi seorang pelajar ditunjukkan tabel nomor … .

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

EVALUASI

46 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

4. Perhatikan ilustrasi berikut!

Sasmita seorang pekerja keras, sehari-hari ia menjalani kehidupan dengan bekerja 

tanpa kenal lelah. Semua pekerjaan diselesaikan dengan penuh tanggung jawab dan 

memiliki hasil yang memuaskan. Giat bekerja demi memenuhi kebutuhan yang 

bersifat materi tidak membuatnya lupa untuk melakukan kegiatan yang 

membuatnya merasa senang, aman dan tenang, seperti beribadah, menonton acara 

televisi atau membaca buku kesukaannya. 

Kegiatan yang dilakukan oleh Sasmita dengan tujuan membuat jiwa senang, aman 

dan tenang merupakan kebutuhan … .

a. sekarang

b. masa akan datang

c. jasmani

d. rohani

5. Perhatikan ilustrasi berikut!

Bayu seorang pengusaha konveksi pakaian kerja. Hasil produksinya berupa jas, 

gaun, kemeja, celana dan rok. Dalam memproduksi, Bayu menjalin hubungan 

dengan pabrik tekstil untuk mendapatkan kain sebagai bahan baku usahanya. Bayu 

mendirikan usaha konveksinya di daerah dekat pabrik tekstil untuk menghemat 

biaya dalam mendapatkan bahan baku. Kegiatan ini mampu menyerap tenaga kerja 

dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dari ilustrasi tersebut, barang setengah jadi ialah … .

a. kain

b. jas

c. gaun

d. kemeja

6. Suatu kegiatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya 

disebut dengan … ekonomi.

a. ilmu 

b. tindakan 

c. motif

d. prinsip

47 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

7. Berikut ini contoh dari motif ekonomi berbuat sosial ialah … .

a. Andani menggunakan motor ke tempat kerja untuk menghemat pengeluaran 

bensin

b. Erni menyumbangkan buku untuk sekolah dengan tujuan menumbuhkan minat 

baca pada siswa

c. Rizky menjadi agen beras untuk mendapatkan keuntungan demi memenuhi 

kebutuhan sehari-hari

d. Soraya semangat belajar demi mendapatkan nilai terbaik di sekolah

8. Suatu tindakan yang penuh pertimbangan sehingga pengorbanan yang kita lakukan 

mendapatkan hasil yang maksimal, merupakan pengertian dari …. ekonomi.

a. tindakan

b. motif

c. prinsip

d. ilmu

9. Kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang disebut … .

a. kegiatan ekonomi

b. produksi

c. distribusi

d. konsumsi

10. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Faktor alam

2. Faktor tenaga kerja

3. Faktor modal

4. Faktor kewirausahaan

Faktor produksi asli ditunjukkan pernyataan nomor … .

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

48 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

11. Perhatikan gambar berikut!

 

Sumber: Lucy (2019)

Gambar tersebut merupakan contoh sumber daya manusia yang sedang melakukan 

kegiatan produksi. Tenaga kerja tersebut termasuk kelompok … .

a. terdidik

b. terlatih

c. terdidik dan terlatih

d. tidak terdidik dan tidak terlatih

12. Perhatikan gambar berikut!

 

 

Sumber: Risbai (2019)

Kegiatan tersebut dilakukan oleh distributor dengan tujuan menyampaikan barang 

dari produsen ke konsumen, yang disebut dengan … .

a. produksi

b. distribusi

c. konsumsi 

d. kegiatan ekonomi

49 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

13. Perhatikan gambar berikut!

Sumber: Lucy (2019)

Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh penjual tersebut termasuk distribusi … .

a. langsung

b. semi langsung

c. tidak langsung

d. secara langsung

14. Perhatikan gambar berikut!

 

 

Sumber: Chaerunnisa (2019)

Pernyataan yang tepat pada gambar, berkaitan dengan materi kegiatan ekonomi 

ialah … .

a. siswa sedang melakukan kegiatan memproduksi laptop

b. pembelajaran yang dilakukan ialah pembahasan mengenai distribusi barang 

dan jasa

c. kegiatan belajar di sekolah yang dilakukan siswa merupakan kegiatan 

mengkonsumsi jasa

d. menghasilkan ilmu untuk kemudian diimbaskan ke masyarakat

50 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

15. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Membeli bahan baku

2. Membayar gaji karyawan

3. Membangun jalan raya

4. Membayar listrik untuk rumah

Contoh konsumsi rumah tangga perusahaan ditunjukkan pernyataan … .

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4



Pilihan Ganda

MODUL 2

1. Jumlah barang/jasa yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga 

dan waktu tertentu, disebut dengan … .

a. permintaan

b. penawaran

c. perekonomian

d. harga

2. Perhatikan deskripsi berikut!

Ibu Andani berbelanja di pasar. Ia melihat banyak sekali pedagang buah menjual 

mangga. Mangga adalah buah kesukaan anaknya. Ia teringat harga mangga pada 

bulan sebelumnya yaitu Rp. 30.000,00-/kg namun sekarang harga perkilonya Rp. 

10.000,00-. Ternyata bulan ini ialah musim mangga berbuah, maka wajar apabila 

persediaan mangga melimpah. Faktor harga barang seperti contoh tersebut biasanya 

akan mempengaruhi permintaan, yaitu … .

a. permintaan akan mangga meningkat dikarenakan harga turun

b. permintaan akan mangga turun dikarenakan harga naik

c. penawaran akan mangga turun dikarenakan harga turun

d. penawaran akan mangga naik dikarenakan harga naik

3. Perhatikan deskripsi berikut!

Pandemi covid-19 mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat. Akibat pandemi, 

banyak karyawan yang terpaksa diberhentikan karena perusahaan tidak beroperasi. 

Hal ini tentu dapat mempengaruhi permintaan masyarakat akan barang dan jasa. Dari 

deskripsi tersebut, factor yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa ialah … .

a. harga barang

b. pendapatan masyarakat

c. selera masyarakat

d. kualitas barang

EVALUASI

87 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

4. Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan yang tepat dari kurva penawaran tersebut ialah … .

a. penjual akan sedikit menawarkan barang bila harga barang naik

b. penjual akan banyak menawarkan barang bila harga barang naik

c. pembeli akan sedikit membeli barang bila harga barang turun

d. pembeli akan banyak membeli barang bila harga barang naik

5. Berikut ini bunyi hukum penawaran “jika harga barang yang ditawarkan naik, maka 

jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga 

barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang”. Kesimpulan 

dari bunyi hukum penawaran ialah … .

a. terdapat hubungan yang selaras antara penawaran dan permintaan pasar

b. permintaan, penawaran dan harga memiliki hubungan yang saling berkaitan

c. antara harga dengan penawaran terdapat suatu hubungan lurus, dimana harga 

berbanding lurus dengan penawaran

d. antara harga dengan penawaran berbanding terbalik, penawaran akan bertambah 

jika harga turun

6. Sarana bertemunya penjual dan pembeli baik langsung maupun tidak langsung untuk 

melakukan interaksi jual-beli sehingga tercapai kesepakan harga, merupakan 

pengertian … .

a. harga

b. penawaran

c. permintaan

d. pasar

88 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

7. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Ada barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa contoh

2. Adanya penjual dan pembeli walaupun tidak bertemu langsung

3. Terdapat kesepakatan harga antara penjual dan pembeli

4. Adanya media komunikasi antara penjual dan pembeli

Pernyataan tersebut termasuk unsur penting bagi terbentuknya … .

a. harga

b. pasar

c. kurva

d. jual-beli

8. Fungsi pasar yang berkaitan dengan memperkenalkan hasil produksi kepada 

masyarakat dengan harapan dapat menarik konsumen untuk membelinya, merupakan 

fungsi … .

a. distribusi

b. pembentuk harga

c. promosi

d. jual-beli

9. Perhatikan deskripsi berikut!

Pandemi covid-19 membuat kita membatasi gerak untuk mencegah penyebaran 

virus. Salah satu yang dilakukan oleh ibu ialah mengurangi belanja ke luar rumah. 

Beberapa kali ibu memesan buah dan sayur secara online, dengan melalui telepon 

atau internet. Ibu berkomunikasi untuk memesan kebutuhannya, kemudian penjual 

mengantarkan barang setelah terjadi kesepakatan harga dan jumlah barang. Dari 

deskripsi tersebut, pasar yang dikunjungi ibu menurut wujudnya termasuk pasar … 

a. abstrak

b. konkrit

c. konsumsi

d. produksi

10. Di Jakarta, terdapat pasar yang hanya dibuka pada bulan Juli-Agustus, tujuannya 

ialah menyambut peserta didik yang libur setelah kenaikan kelas. Pasar itu bernama 

Pekan Raya Jakarta (PRJ), menurut waktu penyelenggaraannya PRJ termasuk jenis 

pasar … .

a. harian

b. bulanan

c. mingguan

d. tahunan

89 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

11. Perhatikan tabel berikut!

1 2

Sayur mayur

Beras

Buah-buahan

Mesin produksi

Bahan baku produksi

Tenaga kerja

3 4

Pakaian

Mesin produksi

Beras

Tenaga kerja

Bahan baku produksi

Buah-buahan

Jenis barang yang diperjualbelikan di pasar barang konsumsi ditunjukkan tabel 

nomor … .

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

12. Pasar persaingan tidak sempurna ialah … .

a. penjual dan pembeli tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga 

karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar

b. penjual dan pembeli memiliki kebebasan menentukan harga dan jumlah 

barang yang diperjualbelikan

c. terdapat kesepakatan harga terlebih dahulu antara penjual dan pembeli

d. jumlah barang dan harga ditentukan oleh masyarakat yang meminta

13. Harga pasar disebut juga dengan harga keseimbangan, karena … .

a. harga dan jumlah barang sudah ditentukan oleh kekuatan pasar

b. terjadi interaksi antara penjual dan pembeli yang hendak melakukan 

transaksi jual-beli barang/jasa

c. pasar merupakan tempat terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli 

sehingga fungsi pasar dapat terjaga

d. pada harga tersebut ada keseimbangan antara jumlah barang yang 

ditawarkan dan jumlah barang yang diminta

90 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

14. Berikut ini contoh pasar menurut luas jaringan distribusinya ialah … .

a. pasar harian dan mingguan

b. pasar konkrit dan abstrak

c. pasar barang konsumsi dan produksi

d. pasar setempat dan nasional

15. Terbentuknya harga pasar, biasanya didahului dengan kegiatan … .

a. berinteraksi social

b. wawancara pedagang

c. tawar-menawar

d. jual-beli


MODUL 3


1. Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa 

gagasan maupunkarya nyata yang relativ berbeda dengan yang ada sebelumnya 

merupakan pengertian … .

a. inovasi

b. interaksi

c. wirausaha

d. kreativitas

2. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Bersifat ingin tahu

2. Belajar dari kegagalan

3. Tidak mudah terpengaruh orang lain

4. Bersifat sok tahu

Ciri seseorang dikatakan kreatif ditunjukkan dengan penyataan nomor … .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 4

c. 1, 3 dan 4

d. 2, 3 dan 4

3. Penciptaan atau penemuan yang merupakan hasil penelitian atau eksperimen 

disebut dengan … .

a. kreasi

b. kreatif

c. inovasi

d. usaha

4. Perhatikan ilustrasi berikut!

Lely seorang anak perempuan yang rajin membantu ibunya memasak. Berbagai 

resep sudah dikuasainya terlebih resep makanan favoritnya yaitu pisang goreng. 

Pada suatu hari Lely merasa bosan dengan resep pisang goreng yang biasa 

dibuatnya. Kemudian dia melakukan kreativitas membuat pisang goreng bukan 

dengan baluran tepung sebagaimana biasa. Untuk kulit luar, Lely menggunakan 

EVALUASI

122 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

kulit yang biasa digunakan untuk membuat risol, tetapi kalau risol dalamnya 

sayuran, sementara Lely mengisinya dengan pisang kemudian membungkus dan 

membalurnya dengan tepung panir. Ternyata hasilnya luar biasa disukai oleh 

anggota keluarga, Lely kemudian mencoba menjualnya. Lely memiliki ciri manusia 

kreatif yaitu … .

a. tidak mudah terpengaruh orang lain

b. mampu menyatakan pendapat secara spontan

c. mampu mengajukan gagasan

d. bersifat ingin tahu dan berani mencoba

5. Perhatikan ilustrasi berikut!

Bayu seorang pengusaha konveksi. Pada setiap kesempatan, bayu selalu bertanya 

kepada pelanggannya mengenai pelayanan dan hasil produksi konveksinya. Hal ini 

dilakukan bayu dengan tujuan … .

a. menghasilkan produk dengan harga bersaing

b. membuat nyaman dan memberi kepuasan pada konsumen

c. agar produknya memiliki daya guna dan serba guna

d. agar produknya memiliki ciri khas tertentu

6. Manfaat yang didapat bila kita memiliki jiwa kewirausahaan ialah …. .

a. mandiri tidak tergantung orang lain

b. menjadi tergantung kepada orang tua

c. dapat hidup makmur akibat bantuan 

d. sejahtera karena bantuan orang tua

7. Proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. 

Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang baik dalam menjalankan 

sesuatu. Kalimat tersebut merupakan pengertian … .

a. inovatif

b. usaha

c. kewirausahaan

d. kreatif

8. Bermoral tinggi dan selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, merupakan ciri 

manusia berjiwa wirausaha, yaitu …. .

a. kepribadian kuat

b. peka terhadap lingkungan

c. keterampilan wiraswasta

d. mencari informasi

123 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

9. Mampu mengolah limbah eceng gondok menjadi hasil karya tas dan tempat pinsil, 

merupakan ciri manusia berjiwa wirausaha, yaitu … .

a. mencari informasi

b. kepribadian kuat

c. peka terhadap lingkungan

d. mental seorang wiraswasta

10. Selalu berpikir kreatif, terampil dalam memimpin dan terampil dalam manajerial 

serta mudah bergaul merupakan ciri manusia berjiwa wirausaha, yaitu … .

a. keterampilan wirausaha

b. mental wirausaha

c. peka terhadap lingkungan

d. kepribadian kuat

11. Perhatikan pernyatan berikut!

1. Perbedaan letak geografis sehingga sumber daya tidak tersebar merata.

2. Pertumbuhan penduduk lebih cepat dibanding pertumbuhan barang produksi.

3. Keterbatasan kemampuan produksi barang.

4. Perkembangan tekhnologi yang selalu sama pada tiap daerah.

Penyebab kelangkaan ditunjukkan pernyataan nomor … .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 4

c. 1, 3 dan 4

d. 2, 3 dan 4

12. Untuk mengatasi kekurangan sumber daya pada suatu daerah dan pemerataan 

kebutuhan masyarakat, maka dilakukan kegiatan … .

a. produksi

b. distribusi

c. konsumsi 

d. kegiatan ekonomi

124 Modul PJJ Mata Pelajaran IPS – Kelas VII Semester Genap

13. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Mempermudah konsumen memperoleh barang konsumsi

2. Membentuk terciptanya harga barang yang stabil

3. Mempertahankan keuntungan dari penjualan produk

4. Memberdayakan sumber daya manusia

Peranan pasar dalam kegiatan distribusi ditunjukkan pernyataan nomor … .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 4

c. 1, 3 dan 4

d. 2, 3 dan 4

14. Peranan pasar bagi sumber daya manusia maksudnya ialah … .

a. pasar dapat menambah pendapatan daerah dan pembangunan

b. pasar mampu memenuhi kebutuhan konsumen atan barang dan jasa

c. pasar dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran

d. pasar menawarkan hasil produksi yang dapat dibeli masyarakat

15. Berikut ini yang termasuk dalam motif ekonomi bagi pengusaha ialah… .

a. biaya produksi setinggi-tingginya

b. mencari keuntungan sebanyak-banyaknya

c. meningkatkan hasil produksi agar berlimpah

d. menerima pegawai sebanyak-banyaknya

Komentar

Postingan Populer